Profesi Bukan Sembarang Pekerjaan


Pemahaman orang terhadap istilah profesi seringkali rancu dengan istilah pekerjaan. Tidak sedikit orang yang terpelajar sekalipun menyebut pekerjaan sehari-harinya sebagai profesi. Dan ketika mereka ditanya, ”apa profesi Anda?” Jawaban mereka adalah pekerjaan utama mereka sehari-hari, seperti pegawai negeri, polisi, tentara, dokter, perawat, bidan, guru, dosen, pengacara, notaris, pedagang, artis, pramuniaga, pramuwisma, pramuria, tukang pijat, tukang becak, sopir, sales, dan sebagainya. Demikian yang sering bisa didengar oleh pirsawan dalam tayangan wawancara di televisi. ataupun di radio. Memang, … BACA SELENGKAPNYA …

7 thoughts on “Profesi Bukan Sembarang Pekerjaan

    • Ciri pekerjaan yang anda makasud apakah memenuhi karakteristik profesi. Kalau memenuhi berarti pekerja itu profesi, dan kalau tidak memenuhi berarti hanya pekerjaan biasa, bukan profesi.

  1. pekerjaan memang berbeda dengan profesi. pekerjaan adalah sebuah aktivitas yang dilakukan manusiadengan tujuan memperoleh upah / imbalan. dalam melakukan pekerjaan tidak dibutuhkan special skill. tentunya hal tersebut sangat berbeda dengan profesi. profesi adalah “pekerjaan yang khusus” artinya dalam menjalankan profesi dibutuhkan skill khusus.skill khusus tersebut diperoleh dari pendidikan tinggi. contoh profesi adalah guru, dokter, perawat, pengacara, dll. jadi profesi adalah pekerjaan yang hanya dilaksanakan oleh orang-orang profesional.
    Dwi ratnasari
    nim : 1251249

  2. Profesi memang tidak sama dengan profesi. Di mana pekerjaan adalah suatu kegiatan atau aktivitas yang di lakukan oleh manusia untuk mendapatkan imbalan(uang) agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Dan profesi merupakan suatu pelayanan atau pekerjaan yang unik dalam arti berbeda dari jenis pekerjaan atau layanan apapun yang lainnya. Dan juga profesi itu sendiri memiliki suatu keahlian(khusus), memiliki kemampuan, ketrampilan serta memiliki pengetahuan yang luas.
    Vita wahyuning tyas
    NIM :1251205

    • Maaf Bapak, kemarin saya salah ketik. Maksud saya profesi itu memang berbeda dengan pekerjaan.
      Terima kasih.
      Vita wahyuningtyas (1251205)
      MATEMATIKA 2012-D

  3. Profesi memang berbeda dg pekerjaan karena untuk mendapatkan gelar profesi memerlukan waktu atau proses pembelajaran yang lama sedangkan pekerjàan tidak demikian…pekerjaan hanya memerlukan ketrampilan saja,,pendidikan tidak begitu diutamakan.. nita purnama sari (1251361) mat 2012.C

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s