Kriteria Guru Profesional


Istilah profesional sering digunakan untuk menyebut strata dan status seseorang dalam bidang pekerjaannya. Dalam hal ini profesional diartikan sebagai suatu ketrampilan teknis yang dimiliki seseorang, seperti pengklasifikasian antara pekerja ahli dengan tukang, antara profesional dengan amatiran. Padahal profesional mengandung makna yang lebih luas dari hanya berkualitas tinggi dalam hal teknis. BACA SELENGKAPNYA …

26 thoughts on “Kriteria Guru Profesional

  1. setiap guru profesional memang harus memiliki kriteria seperti diatas. guru yang profesional selain bertugas mengajar ilmu pengetahuan kepada siswa, juga bertugas mendidik siswa. serta memiliki rasa tanggung jawab. guru yang profesional juga harus dinamis, artinya guru harus selalu mengembangkan keahliannya sesuai perkembangan zaman. dan memiliki rasa kesejawatan. melalui organisasi PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) guru diharapkan memiliki rasa kesejawatan, sehingga mampu menjunjung tinggi etik profesi, serta harkat dan martabat guru.

  2. Assalamu’alaikum wr. wb
    pak asmuni, di sini di jelaskan tentang kriteria guru dan dosen yang profesional dan dimana pekerjaan/ profesi tersebut haruslah memenuhi empat kriteria jika keempat kriteria tersebut tidak terpenuhi gimana?
    contohnya jika di suatu sekolah terdapat guru lulusan pendidikan matematika tetapi beliau mengajar bahasa indonesi atau bahasa inggris ,dll apakah juga bisa dikatakan ahli (eksperd). bahwa di situ dijelaskan guru profesional tidak cukup hanya ahli dalam bidang study dan ahli mengajarkannya tetapi harus pula ahli menyampaikan pesan-pesan didalam melalui bidang study yang diajarkan.
    trima kasih

    • Contoh yang Anda berikan itu adalah contoh Guru yang tidak profesional, kecuali ada upaya lain sehingga guru tersebut memiliki kompetensi yang dibutuhkan sesuai dengan tugasnya.

  3. Gita Wariati 2012 D ( 1251342 )
    Assalamu Alaikum..
    Salam Silaturrahim saya ucapkan kebada bapak..
    sebelumx saya mngucapkan terima kasih atas adanya artikel ini membuat para peserta didik lebih mengenal guru yg profesional..
    kepada Bapak saya mau bertanya “Bagaimana cara menerapkan komunikasi Humanis dlm proses KBM?? karena menurut saya seorang guru juga butuh dan komunikasi secara humanistik agar peserta didik senang kpd Guru tersebut.. Mohon Tanggapannya ya Pak..!!

      • Terkadang seorang guru, kurang bisa mengendalikan emosi, karena mungkin kita masih menjadi guru baru, atau baru jadi guru, bagaimanakah cara kita bisa membuat emosi lebih stabil, padahal terkadang kita menemukan banyak sekali peserta didik yang tidak sesuai atau mungkin berlaku tidak sopan???? Mohon Tanggapannya …..!

      • Syarat menjadi Guru salah satunya memiliki “stabilitas emosi”. Guru yang emosinya tidak stabil biasanya disebabkan oleh kurangnya kompetensi, terutama kompetensi personal (kepribadian).

  4. sebagai guru profesional harus memenuhi syarat – syarat yang sudah bapak tulis di atas, apa dengan mengikuti pelatihan guru seperti PLPG sudah dapat dikatakan guru yang profesional pak?
    mohon penjelasannya..!

      • Ya, jika ingin memperoleh sertifikat pendidik dan tunjangan profesi. PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru) adalah sebuah tahapan untuk memperoleh Sertifikat Pendidik Profesional bagi guru dalam jabatan (sudah jadi guru beberapa tahun). Kalau guru dinyatakan LULUS, akan mendapat Sertifikat dan tunjangan profesi.

  5. Dari uraian di atas memang ke empat kriteria tersebut sangat penting bagi guru maupun dosen yang profesional. Akan tetapi masih banyak kriteria lain mengenai guru maupun dosen yang profesional yakni guru maupun dosen harus memilki tujuan yang jelas dalam proses pembelajaran,mempunyai pengetahuan tentang kurikulum,mempunyai ketrampilan managemen kelas yang baik dan juga dapat berkomunikasi pada siswanya dengan baik serta selalu punya energi untuk siswanya.
    Nama : Vita wahyuning tyas(2012-D)
    NIM : 1251205

    • Kriteria Guru Profesional dilihat dari kompetensi dan kinerjanya. Tetapi menurut UU 40 Tahun 2005, Guru yang profesional itu guru yang telah memiliki sertifikat pendidik profesional. Untuk mendapatkannya harus lulus PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru) yang diselenggarakan oleh LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) yang ditunjuk oleh Kemendikbud.

  6. Nita purnama sari 1251361(Matematika 2012.C)
    Dari uraian yang bpak jlaskan mengenai kriteria guru yg profesional ,, apakah menurut anda setiap guru yang telah menjadi PNS sudah bsa dianggap profesional??? Krena bnyak sya jumpai guru PNS tetapi waktu jam mengajar malah kliaran tdak jlas???mhon penjelasannya…trima kasih

  7. Dari penjelasan tentang Kriteria Guru Profesional diatas, kita sebagai calon guru apakah harus mempersiapkannya dari sekarang atau hanya dilakukan pada saat proses mengajar nanti..???
    terimakasih..
    Lisanah 1251239
    Matematika 2012 D

    • Guru profesional itu tidak bisa disiapkan dalam tempo yang amat pendek, tetapi membutuhkan waktu yang panjang. Karena itu mulai sekarang pun harus mempersiapkan diri, dengan belajar dan berlatih.

  8. Dari uraian diatas,sudah dijelaskan tentang guru yang professional harus memenuhi empat kriteria tersebut.
    sekarang yang saya mau tanyakan pada bpk. apakah hanya ada empat kriteria tsb untuk menjadi guru yang professional?? terima kasih.

    • Tentu masih banyak, tergantung pada budaya profesi di tempat kerjanya. Misalnya, dari sisi busana atau performance lainnya. Maka kemampuan adaptasi di tempat kerja juga merupakan tuntutan profesional.

  9. assalamu’allaikum…..
    pak pada zaman sekarang keprofesinalan slalu di ukur dengan adaannya serifikasi,
    namun pada kenyata’annya guru yang telah mendapatkan sertivikasi masih bnyak yg tidak bersikap profesioanal bhkan guru yg mendapatkan sertifikasi beberapa di antarax menggap dirinya sudah lulus kualifikasi dan cenderung meninggalkan karakteristik guru yg profesional tersebut.
    yg sya tnyakan ” apakah guru yg profesional slalu di ukur dengan adax sertifikasi? ”

    trimakasih

    • Sertifikat pendidik, adalah bukti formal pendidik profesional yang diatur undang-undang (UU no. 14 tahun 2005). Karena itu di lapangan dituntut menyelaraskan dengan status keprofesionalannya. Jangan lupa, bagi mereka ada uji kompetensi. Jadi sertifikat pendidik itu tidak berlaku untuk selama-lamanya, kecuali lulus uji kompetensi.

  10. menurut saya, guru – guru sekarang ini sangat jarang yang memenuhi kriteria – kriteria guru profesional, sehingga masih banyak wali murid yang protes terhadap kinerja guru yang amburadul dan malah semaunya sendiri tanpa memperhatikan kriteria – kriteria guru profesional.
    seharusnya jika guru2 di indonesia tercinta ini mampu mengamalkan atau menerapkan kriteria2 guru profesional seperti :
    1. memiliki bakat sebagai guru.
    2. memiliki keahlian sebagai guru
    3. memiliki keahlian yang baik dan terintregasi.
    4. memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas
    5. guru adalah manusia berjiwa pancasila.
    6. guru adalah seorang warga yang baik.

    maka pendidikan di indonesia ini akan cepat maju dan tidak menutup kemungkinan pendidikan di indonesia bisa bersaing dengan pendidikan di negara2 di asia.

  11. assalamu’alaikum..
    guru profesional yakni guru yang mempunyai rasa memiliki… memiliki madrasah dan memiliki perhatian terhadap anak. karena seorang guru profesional harus peka terhadap suatu yang menyangkut tentang pendidikan. seorang guru profesional harus mempunyai beberapa sikap yang dapat menuntun anak didiknya menjadi lebih baik.
    1. wibawa
    2. cerdas dan kreatif
    3. mampu membaca situasi dan kondisi
    4. mampu memanfaatkan peluang
    5. ikhlas
    6. sabar
    7. mampu mengontrol siswa dalam belajar
    karena karakter seorang guru bukan hanya sebagai pendidik dan pengajar saja. akan tetapi sebagai pembimbing dan contoh/suri tauladan bagi muridnya. pepatah mengatakan “guru kencing berdiri, murid kencing berlari”
    mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan.
    terima kasih.
    wassalamu’alaikum.

    NAMA : Muhammad Rizal Masluhi
    Prodi : Pendidikan Matematika
    Kelas : 2012 D
    NIM : 1251200

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s