UAS Gasal 2012/2013


NASKAH UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL 2012/2013

Matakuliah                   :  PROFESI KEPENDIDIKAN

Prodi / Angkatan        :  Pendidikan Matematika / 2012

Dosen Pembina           :  Drs. Asmuni Syukir, M.Si

Sifat                               :  Take Home Exam

PETUNJUK

a.  Tulislah identitas Anda: Nama, NIM, Prodi/Kelas, No. HP / e-mail pada bagian kanan atas lembar jawaban Anda.

b.   Jawablah semua pertanyaan sedetail-detailnya, bila perlu sertai argumentasi yang logis atau contoh-contoh yang bisa memperjelas jawaban

c.   Dasari jawaban Anda dengan literatur secukupnya dan penalaran atau logika yang cerdas,  tetapi jangan sekali-kali plagiat dari jawaban orang lain (kalau melanggar tiada maaf).

d.  Kirim jawaban Anda selambat-lambatnya hari SABTU tanggal 26 Januari 2013 ke alamat: astikip@gmail.com. (lampirkan!)

S O A L

1.  Sejak UU 14/2005 diundangkan, profesionalisme guru dan dosen ramai dibicarakan. (a) Apa yang Anda pahami mengenai profesionalisme guru? (b) Bagaimana sikap Anda selama kuliah ini dalam menyikapi masalah profesionalisme guru tersebut?

2. Menurut UU 14/2005, pembahasan tentang guru dan dosen dipisahkan. Jelaskan perbedaan esensial profesi guru dan dosen!

3. Jelaskan persepsi Anda tentang profesi Guru: (a) Persepsi Anda terhadap tugas-tugas keguruan; (b) Persepsi Anda terhadap hubungan guru dan siswa; (c) Persepsi Anda terhadap tugas-tugas non keguruan; (d) Persepsi Anda terhadap status sosial-ekonomi guru; (e) Persepsi Anda terhadap peran guru dalam pembelajaran; (f)  Persepsi Anda terhadap peran guru dalam program sekolah (non pembelajaran).

4.  Menurut penilaian Anda, seberapa kesiapan Anda dalam menjalankan tugas-tugas keguruan (seandainya anda mulai sekarang ini menjadi guru)? Dan upaya apa saja yang Anda lakukan mulai sekarang ini?

5. Dalam rangka pengembangan diri untuk tugas-tugas non keguruan, menurut Anda, apa saja yang harus dilakukan mulai sekarang ini?

6. Salah satu ciri profesi adalah adanya organisasi profesi. Jelaskan fungsi dan peranan organisasi profesi keguruan yang ‘seharusnya’ dan ‘realita’-nya di Indonesia!

7. Pada dasarnya kode etik profesi itu berisi aturan tentang hubungan antar komponen dalam sebuah sistem. Jelaskan komponen yang harus ada dalam kode etik profesi guru!

8. Menurut Anda, bagaimana penerapan kode etik keguruan: (a) Keadaan yang Anda temui?  (b) Permasalahan yang ada? (c) Pembinaan profesi oleh pemerintah?  (d) Pembinaan profesi oleh organisasi profesi?

9. Dalam UU 14/2005 terdapat aturan tentang pembinaan etika profesi. Jelaskan analisis Anda tentang hal tersebut !

10.  Menurut analisis Anda, bagaimanakah penyikapan Guru terhadap tugas-tugasnya di sekolah, serta dampak jangka panjang atas tindakan guru tersebut?

11. Salah satu peran guru di luar tugas keguruan adalah pelayanan bimbingan konseling siswa.   Apa yang anda pahami tentang: (a)  Arti bimbingan dan konseling;  (b)  Tujuan bimbingan dan konseling;  (c) Fungsi bimbingan dan konseling; (d) Prinsip pokok bimbingan dan konseling; (e) Azas pokok bimbingan dan konseling.

12.  Jelaskan secara rinci peranan guru dalam program bimbingan dan konseling di sekolah berikut ini: (a) Pengidentifikasian Masalah Siswa; (b) Referalisasi Siswa yang Bermasalah; (c) Bimbingan Karir;  (d) Layanan Informasi;  (e) Konferensi Kasus.

13. Guru selain harus berperanan dalam program BK juga harus berperanan pula dalam layanan administrasi pendidikan di sekolah. Jelaskan apa yang Anda pahami tentang:  (a) Administrasi pendidikan/sekolah;  (b) Bidang garapan administrasi pendidikan di sekolah; (c) Struktur organisasi sekolah;  (d)  Kepemimpinan sekolah.

14.  Menurut Anda, apa peranan & tanggungjawab guru dalam:  (a) Sistem informasi dan ketatausahaan di sekolah; (b) Administrasi kurikulum/pembelajaran;  (c) Administrasi kesiswaan;  (d) Administrasi keuangan sekolah.

15. Dalam UU 14/2005 terdapat beberapa pasal tentang kualifikasi pendidikan, kompetensi, dan sertifikasi.  (a) Jelaskan ketiga hal tersebut;  (b) Bedakan tentang ketiga hal tersebut bagi guru dan dosen.

16. Ada empat jenis kompetensi Guru. Jelaskan dan berilah contoh masing-masing.

17.  Apa saja yang harus Anda lakukan untuk mempersiapkan diri sebagai guru profesional mapel Matematika di SMP?

18. Jika ada prediksi selama lima tahun ke depan pendidikan formal tidak membutuhkan guru baru mapel matematika, apa yang harus anda lakukan mulai sekarang ini?

19. Persaingan dalam dunia kerja semakin lama semakin ketat, bahkan untuk semua jenis pekerjaan dan profesi, khususnya profesi Guru. Untuk bisa memenangkan dalam persaingan tersebut tentu dibutuhkan kecerdasan dan daya saing tinggi. Menurut Anda, (a)  Apa yang seharusnya dilakukan oleh mahasiswa Pendidikan Matematika agar memiliki daya saing?  (b) Apa saja peran dosen, prodi, dan perguruan tinggi yang seharusnya dilakukan dalam rangka membantu Anda bisa memiliki daya saing tersebut?

20. Jelaskan secara rinci apa saja yang Anda pahami tentang: (a) Hard skills vs. Soft skills;  (b)  PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia);  (c)  LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan);  (d) PPG (Pendidikan Profesi Guru).

SELAMAT MENGERJAKAN, SEMOGA SUKSES, AMIN

Kembali ke   BERANDA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s