UTS Gasal 2012/2013


Ujian Tengah Semester Gasal 2012/2013 (MAT. 2012):

Kuis Take Home Profesi Kependidikan, dapat diunduh DISINI  atau mengcopy di bawah ini:

NASKAH UJIAN TENGAH SEMESTER GASAL 2012/2013

Matakuliah                     :  PROFESI KEPENDIDIKAN

Prodi /Angkatan           :  Pendidikan Matematika / 2012

Sifat                                  :  Take Home

PETUNJUK

a.  Tulislah identitas Anda (Nama, NIM, Prodi/Kelas,  dan email) pada bagian kanan atas lembar jawaban Anda.

b.   Jawablah semua pertanyaan sedetail-detailnya, bila perlu berilah argumentasi atau contoh-contoh yang bisa memperjelas jawaban

c.   Kirim jawaban Anda selambat-lambatnya tanggal 30 November 2012 jam 24.00 WIB ke alamat: astikip@gmail.com.

S O A L

1.  Penyebutan pekerjaan atau profesi masih rancu. Bahkan guru/dosen pun dianggap pekerjaan bukan profesi. Jelaskan persamaan dan perbedaan antara pekerjaan dan profesi.

2. Profesi itu memiliki karakteristik tersendiri sehingga tidak semua jenis pekerjaan bisa disebut sebagai profesi. Jelaskan karakteristik profesi tersebut.

3.  Menurut undang-undang nomor 14 tahun 2005, guru/dosen dinyatakan sebagai profesi. Menurut Anda, apakah benar pekerjaan guru/dosen itu layak dinyatakan sebagai profesi? Buktikan analisis Anda!

4.  Menurut undang-undang nomor 14 tahun 2005, guru/dosen harus memenuhi kualifikasi pendidikan dan sejumlah kompetensi. Jelaskan secara rinci!

5. Apa yang Anda pahami tentang: ”Profesi, profesional, dan profesionalisme”. Jelaskan ketiga istilah tersebut sehingga tampak perbedaannya!

6. Menurut Anda,  apa saja ciri-ciri guru yang profesional itu?

7. Tugas dan peranan guru telah mengalami perubahan seiring dengan perubahan paradigma pembelajaran. Apa yang Anda pahami tentang paradigma pembelajaran tersebut?

8. Dalam realita beberapa orang guru masih ada yang mempunyai anggapan bahwa  tugas guru hanyalah transfer of knowledge kepada peserta didik. Bagaimanakah tanggapan Anda terhadap persepsi guru tersebut di atas, apabila dikaitkan dengan paradigma pembelajaran yang sedang berkembang?

9. Sesuai dengan paradigma baru dalam pembelajaran, istilah ”belajar-mengajar” atau ”perkuliahan” diganti dengan istilah ”pembelajaran”. Menurut Anda, bagaimana konsekuensi logis dari perubahan istilah tersebut, terutama bagi guru/dosen?

10.  Ada beberapa tugas pokok guru yang tidak akan berubah sepanjang masa, kecuali teknik atau caranya saja yang berbeda. Menurut Anda, tugas pokok guru yang mana? Jelaskan pula argumentasi Anda!

11.  Sesuai dengan paradigma baru dalam pembelajaran, peran guru yang bagaimana saja yang harus diprioritaskan dan peran guru yang bagaimana yang harus diubah?

12.  Apa yang Anda pahami tentang peran guru sebagai agen pembelajaran?

13.  Perubahan tugas dan peran guru menuntut adanya perubahan kompetensi. Menurut Anda, kompetensi guru menyesuaikan dengan tugas dan perannya; ataukah tugas dan peran guru mengikuti kompetensinya? Jelaskan pendapat Anda dengan argumentasi yang bermuara pada peningkatan mutu pendidikan!

14. Jelaskan peran Guru dalam administrasi sekolah!

15. Jelaskan peran Guru dalam program bimbingan dan konseling di sekolah!

16. Anda calon guru matapelajaran Matematika di jenjang pendidikan SMP, SMA, SMK (pilih salah satu). Kompetensi apa saja yang harus Anda persiapkan mulai sekarang ini?

17. Apa yang Anda pahami tentang sertifikat pendidik dan sertifikasi Guru? Kemudian, bagaimana pendapat Anda tentang sertifikasi guru jika dikaitkan dengan upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia?

18. Anda telah memahami betapa pentingnya soft skills dalam dunia kerja. Menurut Anda soft skills apa saja yang harus dipersiapkan sebagai guru profesional matapelajaran Matematika di jenjang pendidikan SMP, SMA, SMK (pilih salah satu).

SELAMAT MENGERJAKAN, SEMOGA SUKSES, AMIN

Kembali ke   BERANDA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s